Total Hadiah Rp33 Juta Plus Sepeda Motor Menanti di Teluk Palu Fun Fishing 2020

JAKARTA – Teluk Palu Fun Fishing 2020 menjadi momentum terbaik para penikmat pancing. Event ini menawarkan total hadiah senilai Rp 33 juta plus sepeda motor, Minggu (5/4). Jumlah uang tunai tersebut bisa diraih oleh pemancing melalui kategori lomba umum dan spesies. Agenda Teluk Palu Fun Fishing 2020 akan digelar di Perairan Teluk Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Teluk Palu Fun Fishing 2020 akan menjadi event yang menarik. Hadiah yang ditawarkan sangat kompetitif. Jumlah total uangnya Rp 33 Juta. Selain berprestasi dan mendapatkan hadiah, pesertanya juga bisa menyalurkan hobi memancing,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sulteng I Nyoman Sriadijaya, ketika dimintai komentarnya. Selasa (10/3)

Agenda Teluk Palu Fun Fishing 2020 adalah rangkaian memeriahkan HUT Provinsi Sulteng ke-56. Secara teknis, Teluk Palu Fun Fishing 2020 akan memakai perahu bercadik atau biasa juga disebut sema-sema. Perahu ini akan ditumpangi satu tim. Komposisinya dua peserta dan satu orang motoris. Teknik memancing yang digunakan di antaranya casting (popping), jigging, hingga trolling.

“HUT Provinsi Sulteng tahun ini memang digelar lebih meriah. Kesannya pasti sangatlah positif bagi pariwisata Sulteng secara umum. Ada beragam event yang digelar, termasuk Teluk Palu Fun Fishing 2020. Untuk itu, mari bergabung di Teluk Palu Fun Fishing 2020 karena hadiah besar sudah menunggu,” terang Nyoman.

Menawarkan total hadiah Rp 33 juta, slot maksimal Rp27 juta diberikan bagi kategori umum Teluk Palu Fun Fishing 2020. Rinciannya, Juara I diberi hadiah Rp10 juta. Posisi runner up diganjar Rp 6 juta, lalu ada Rp 5 Juta bagi peserta yang finish di posisi tiga. Untuk Harapan I dihadiahi Rp 2,5 juta dan uang Rp 2 juta diberikan bagi Harapan II. Adapun Harapan III tetap diapresiasi Rp 1,5 juta.

Persaingan pun dijamin semakin menarik. Sebab, Teluk Palu Fun Fishing 2020 memberi total hadiah Rp 6 juta untuk kategori spesies. Dengan mengurutkan spesies I-IV, masing-masing kategori terbesar akan mendapatkan hadiah tambahan Rp 1,5 juta. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng H. Moh Arif Latjuba, SE, M.Si selaku Fasilitator kegiatan ini mengatakan, peserta memiliki peluang besar membawa pulang hadiah.

“Kategori hadiah yang bisa diraih peserta sangat banyak. Ada juara, harapan, hingga spesies. Pokoknya setiap peserta memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk membawa pulang hadiah uang tunai tersebut. Artinya selain menyalurkan hobi memancing, mereka tetap produktif menghasilkan uang. Hal ini tentu bisa ikut membantu mencukupi kebutuhan keluarga. Bahkan tersedia banyak _doorprize_ bagi masyarakat yang hadir. Khusus bagi para motoris akan ada doorprize berupa mesin katinting,” kata Kadis KP Sulteng tsb.

Kegiatan ini dikerjasamakan penyelenggaraannya oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sulteng dgn PHRI Sulteng dan klub-klub mancing di Kota Palu. Selaku asosiasi yang mewadahi Hotel dan Restoran, keikutsertaan PHRI Sulteng yang diketuai oleh Fery Taula sekaligus sebagai Ketua Umum Panitia Lomba Fun Fishing ini , mengangkat tema kebangkitan wisata dan perikanan bahari di Teluk Palu, yang beberapa waktu lalu terkena musibah gempa serta tsunami. Para _executive chefs_ dari hotel bintang juga akan mengadakan _seafood cooking demo_. Dinas K & P akan menyediakan ikan-ikan eksotik, lobster mutiara jumbo dll. Melalui event ini kami juga mengkampanyekan _Sustainability Development of Tourism_. Kegiatan yg didukung oleh Pemerintah Propinsi Sulteng dlm rangka menyambut HUT Sulteng ke-56 serta para simpatisan dari berbagai kalangan dunia usaha ini menurut Fery akan menggairahkan kembali aktifitas perikanan, pariwisata dan kebaharian di sekitar Teluk Palu. Selain uang tunai, Teluk Palu Fun Fishing 2020 memberikan jackpot. Bentuknya berupa satu uni sepeda motor Yamaha. Syaratnya, peserta harus mendapatkan ikan tuna _(bilfish)_ dengan berat di atas 15 kg. Untuk mendapatkan hadiah uang dan sepeda motor, publik bisa langsung mendaftarkan diri mulai 7 – 31 Maret 2020. Biaya pendaftarannya hanya Rp 150 ribu per tim. Slot peserta yang tersedia hanya 100 tim, demikian pungkas Fery yang juga merupakan owner dari Kampoeng Nelayan Resto & Hotel.

Dari data sementara yg telah mendaftar, event ini sangat diminati oleh komunitas mancing dari kota Palu dan sekitarnya. Bahkan ada peserta yang berasal dari Makassar, Gorontalo, Manado, Buton, Kendari bahkan ada yg dari Surabaya. Akomodasi peserta dari luar daerah yang cepat mendaftar disponsori oleh beberapa hotel bintang di Palu.
Untuk informasi event bisa datang langsung ke Santigi Sablon di Jl Tg Santigi No 6 dan Adventure (AFC) yang beralamat di Jl Sis Aljufrie, Kota Palu. Bisa juga menghubungi nomor telepon di 082345515888 atau 082333538836. “Teluk Palu Fun Fishing 2020 akan menawarkan _amazing experience_ sebab, perairan di sini sangat kaya aneka jenis ikan,” tegas Agus lagi.

Perairan Teluk Palu sangat kaya dengan biota laut, termasuk ikan karang. Hingga 2017, ada beberapa kategori ikan karang yang ada di sana. Ada ikan mayor dengan slot 54%, ikan target (40%), dan ikan indikator (6%). Semakin spesial, perairan ini sempat menyita perhatian karena ditemukannya ikan Mola Mola di April 2018. Terkenal sebagai Sunfish, ikan berukuran panjang 2,2 m dan lebar 1,6 m adalah jenis purba.

“Teluk Palu Fun Fishing membuat destinasi wisata Sulteng makin unik dan menarik. Destinasi ini punya beragam warna eksotis bahari yang luar biasa. Berjarak hanya 10 menit dari bandara Mutiara Sis Aljufri. Wisatawan kini bisa menikmatinya dari event tersebut. Jadi, momentum terbaik ini jangan dilewatkan. Hadiahnya juga menarik. Kita harapkan event ini bisa menjadi _Calendar of Event_ Sulteng dan ditingkatkan menjadi _international event_,” jelas Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Wawan Gunawan.

Selain memanjakan hobi memancing dan memburu hadiah, peserta bisa menikmati beragam sisi indah lain dari destinasi wisata di sana. Perairan Teluk Palu memiliki beberapa spot menarik untuk _snorkeling_ hingga _diving_. Sebut saja, Tanjung Karang yang terkenal dengan terumbu karangnya. Ada 17 gugusan bunga karang, seperti Irmis Block, Natural Reef, Alex Point, Green Wall, Anchor Reef, dan lainnya. Di sini juga terdapat _wreck_ seperti Gili Raja dan Mutiara.

_Experience_ peserta tentu semakin lengkap dengan beragam sajian kulinernya. Selain pilihannya banyak, cita rasanya sangat nikmat dan otentik. Beberapa pilihan kulinernya adalah Duo Sale, Uta Kelo, Nasi Jagung, dan Palumara. Ada juga Lalampa, Labia Dange, Milu Siram, Onyop, Saraba, hingga Kaledo. Wawan menambahkan, Palu dan Teluk Palu Fun Fishing menjadi paket liburan menarik.

“Teluk Palu Fun Fishing 2020 menjadi spot liburan yang lengkap. Peserta bisa mendapatkan banyak akses menarik di sana. Beragam destinasi yang ada wajib dicoba, apalagi kulinernya. Selamat datang di Teluk Palu Fun Fishing 2020, _Enjoy Palu_,” tutup Wawan.(*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>