READSI Kementan Gelar Pelatihan Online Kejar Industri 4.0

JAKARTA – Pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian. Dengan memanfaatkan program READSI, Kementan bahkan meningkatkan intensitas pelatihan secara online.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian perlu dilakukan. Menurutnya, SDM yang berkualitas dapat menentukan masa depan Pertanian Indonesia. Oleh karenanya, SYL juga berharap penuh kepada Penyuluh Pertanian harus terus meningkatkan pengetahuannya.

“Penyuluh harus hebat, harus mampu mengelola, mengembangkan pertanian yang ada di masyarakat. Pertanian harus kuat!. Penyuluh adalah agent of change pembangunan pertanian di Indonesia,” tutur Mentan SYL.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, menegaskan bahwa Kementan berkomitmen terus meningkatkan kualitas SDM Pertanian meski terhalang pembatasan Sosial.

Pelatihan lewat online menjadi kunci dari Badan PPSDMP dalam meningkatkan kapasitas Penyuluh Pertanian untuk mencapai pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern.

“Dengan industri 4.0, detik ini juga saudara-saudara kita beda pulau bisa belajar. Gurunya bisa dari Bogor, atau dari Jakarta. Bahkan beberapa waktu lalu petani dari Sorong dan dari Jayapura melakukan presentasi, membagikan pengalaman bagaimana cara menanam ubi yang bagus melalui virtual,” tegas Dedi.

Salah satu yang dimanfaatkan BPPSDMP Kementan adalah program Rural Empowerment Agricultural and Development Scaling Up Initiative (READSI). Program ini bertujuan untuk mensejahterakan petani di lokasi sasaran program.

Program READSI juga membantu meningkatkan keterlibatan wanita tani. Adapun wilayah sasaran Program terbagi di 6 Provinsi yang di dalamnya membawahi 18 Kabupaten.

Selain memastikan ketahanan pangan, Kementerian Pertanian terus berupaya memastikan peningkatan Sumber Daya Manusia Pertanian terus tumbuh dan berkembang. Dengan SDM yang baik, diharapkan memajukan Pertanian Indonesia.

Dalam mendukung Program Utama Kementerian Pertanian khususnya peningkatan SDM Pertanian, diseminasi teknologi dan optimalisasi penggunaan IT di tengah pandemi, Program READSI mengadakan pelatihan online bagi para Penyuluh Pertanian dan Fasilitator Desa di wilayah sasaran Program.

Pelatihan yang dimaksud diantaranya Pelatihan Penderasan Informasi yang dipandu oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Pelaksanaan pelatihan online dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juni 2021.

Melalui pelatihan ini Fasilitator Desa program READSI diharapkan lebih mahir dalam kegiatan diseminasi teknologi informasi pertanian dan publikasi media terkait best practice kegiatan di lapangan.

Pelatihan selanjutnya adalah Pelatihan Pemanfaatan Hasil Pekarangan dan Peningkatan Nilai Tambah Produk bagi Penyuluh dan Fasilitator Desa yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 – 30 Juni 2021. Pelatihan ini akan dipandu oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku dan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung.(*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>