Menpar Usul Lumban Bul Bul Dijadikan Pusat Kuliner Seperti Jimbaran Bali

TOBA SAMOSIR – Kesan mendalam didapat Menteri Pariwisata Arief Yahya di Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul. Buat Menpar, pantai di Balige, Kabupaten Toba Samosir, bisa disetarakan dengan Bali. Lumban Bul Bul pun mengingatkannya dengan Jimbaran.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengunjungi Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul, Kamis (5/9). Ia menyarankan tempat ini didesain seperti pusat kuliner. Benchmarknya adalah Jimbaran di Bali.

Menurutnya, semua itu sangat memungkinkan. Sebab, pantai di Kabupaten Toba Samosir cukup bagus. Airnya bersih. Serta tersedia ikan segarnya yang bisa langsung diambil.

“Terkait kuliner, Kemenpar akan turut membantu dalam pembuatan kemasan kuliner, sehingga setiap wisatawan akan bisa mampir di sini,” tuturnya.

Kabupaten Toba Samosir disebut memiliki bibir pantai Danau Toba terpanjang. Lengkap dengan pasir putihnya. Panjangnya terbentang mulai Kecamatan Ajibata hingga Kecamatan Tampahan.

Menpar sendiri kembali hadir di Danau Toba dalam upaya percepatan pembangunan utilitas dasar dan infrastruktur. Seperti sarana air dan internet, serta kemasan kuliner.

Menurut Arief Yahya, sebagai kawasan destinasi super perioritas Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir perlu percepatan pembangunan infrastruktur dan utilitas dasar, sehingga wisatawan yang datang dapat terpuaskan dan menjadi tempat yang diminati.

“Sesuai instruksi dari Pak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tanggal 15 Juli 2020, semua infrastruktur dan utilitas dasar harus sudah selesai, seperti jalan, listrik, internet termasuk bandara,” terang Arief.

Menpar juga ingin menyakinkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan. Bahwa, Oktober nanti sudah ground breaking pembangunan infrastruktur dan utilitas. Salah satunya air di Caldera Resort.

“Dengan demikian, para investor yang ada, kita harapkan akan segera melakukan pembangunan di destinasi super perioritas kawasan Danau Toba, khususnya di wilayah Kabupaten Toba Samosir ini,” harap mantan Dirut PT Telkom itu.

Dalam kunjungan tersebut, Arief Yahya beserta rombongan menikmati kuliner Restoran Sinar Minang. Serta, kuliner yang disajikan oleh Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) di Pantai Lumban Bulbul. Seperti Ikan Bakar “Natinombur”, Lobster Danau Toba, pisang goreng dan Kelapa muda.

Rombongan juga mendapat sambutan dari tokoh masyarakat. Mereka memberikan ulos kepada Menteri Arief. Hal itu merupakan adat Budaya Batak dalam menghormati tamu.

Rombongan Menteri didampingi, Wakil Bupati, Hulman Sitorus, Sekda sekaligus Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Audy Murphi Sitorus, beberapa Kepala Dinas di Kabupaten Toba Samosir serta Camat Balige, Pantun Pardede, sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi BPODT, Kecamatan Ajibata.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>