Mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Timur Tengah-Afrika, KemenPar gelar program Wisata Pengenalan (Famtrip) destinasi Jakarta-Puncak-Bandung”

*Mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Timur Tengah-Afrika, KemenPar gelar program Wisata Pengenalan (Famtrip) destinasi Jakarta-Puncak-Bandung"

*Mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Timur Tengah-Afrika, KemenPar gelar program Wisata Pengenalan (Famtrip) destinasi Jakarta-Puncak-Bandung”.

JAKARTA-Kementerian Pariwisata menggelar acara Familiarization Trip (Famtrip) kepada 16 orang TA/TO, Influencer hingga media untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan Tanah Air lndonesia ke pasar Timur Tengah.

Tidak hanya sekedar mempromosikan, para travel agent yang diajak berkunjung ke destinasi-destinasi mulai dari Jakarta-Puncak dan Bandung. Juga menjual paket-paket wisata yang menarik.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya di Jakarta, Minggu (30/3/2019) mengatakan, selama ini Travel Agent peserta famtrip lebih sering menjual paket wisata ke destinasi wisata Eropa dan sekitar Timur Tengah Afrika, karena kedekatan jarak tempuh ke destinasi tujuan.

“Untuk itu, kami undang Biro Perjalanan ini ke Indonesia agar mereka bisa melihat langsung dan menjual paket-paket wisata Indonesia ke pasar Timur Tengah” kata Nia.

Sementara itu, lanjut Nia, travel agent dari Yordania juga menjual paket wisata ke berbagai negara Far East, seperti Malaysia dan Thailand. Hal itu dikarenakan Royal Jordanian Airline memiliki rute penerbangan langsung ke kedua Negara Asia Tenggara tersebut. Royal Jordanian Airline dan Malindo Air juga telah menyepakati kerja sama penerbangan AMM-KL-KL-Indonesia (sekitar 10 kota).

“Kerja sama ini adalah rangkaian penerbangan budget untuk rute Yordania-Indonesia. Dengan memanfaatkan Malaysia sebagai hub, Indonesia bisa mendapatkan keuntungan meraih wisatawan mancanegara dari Yordania,” ujarnya.

Nia juga menjelaskan, bahwa para peserta famtip juga pernah menjual paket wisata ke Indonesia, terutama Bali karena sejauh ini wisatawan Yordania hanya mengenal Bali sebagai destinasi favoritnya.

“Jika klien mereka meminta paket wisata Bali, biasanya travel agent akan mereferensikan untuk menggunakan maskapai Emirates Airlines (transit Dubai) maupun Qatar Airways (transit Doha) yang memiliki penerbangan langsung ke Bali,” ujarnya.

Dalam testimoni yang disampaikan selepas mengikuti famtrip, peserta menyatakan ketertarikan serta minat mereka untuk menjual paket wisata ke Indonesia.

Menurut mereka, kegiatan Famtrip ini merupakan peluang yang sangat baik untuk memperkenalkan tujuan wisata lain yang sesuai dengan profil dan minat wisatawan asal Timur Tengah dan Afrika, yaitu hijaunya kebun teh, alam yang asri, dan udara sejuk pegunungan yang ada di Puncak dan Bandung, juga pantai-pantai indah yang terletak di kepulauan seribu serta wisata belanja yang ada di Jakarta.

“Pengalaman selama mengikuti Famtrip telah membuka wawasan kami melihat langsung karakteristik destinasi serta kepariwisataan Indonesia secara komprehensif’ ujar para peserta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>