Maskot Festival Morotai 2019 Diperkenalkan dalam Launching di Landmark Ternate

TERNATE – Meski akan dilaksanakan Agustus, Festival Morotai 2019 sudah tancap gas. Sabtu (13/7), event ini dilaunching di Landmark Ternate, Mauluku Utara, oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai bersama Kementerian Pariwisata. Dalam kegiatan itu, maskot Festival Morotai, Gomo atau Gorango Morotai, ikut diperkenalkan.

Launching Festival Morotai 2019 diwarnai dengan kekayaan budaya Maluku Utara. Berbagai atraksi akan ditampilkan. Seperti tarian penyambutan Cakalele, Tari Tide Tide, Tari Kipas, hingga penampilan artis dangdut ibu kota.

Buat Staf Khusus Menpar bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, launching ini memperlihatkan kesiapan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai menggelar event.

“Festival Morotai 2019 ini adalah pendatang baru di Calendar of Event 2019 Kementerian Pariwisata. Tapi, mereka sudah sangat siap. Hal ini dibuktikan dengan launching yang keren. Festival Morotai 2019 sudah siapn menyambut wisatawan,” papar Don Kardono.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Nona Duwila mengatakan, Festival Morotai akan berlangsung 2 hingga 8 Agustus 2019. Event ini, akan menampilkan berbagai event budaya, sejarah, kuliner hingga olahraga. Termasuk menciptakan rekor MURI di Event Bambu Tada atau Musik Bambu. Kegiatan ini akan melibatkan 2 ribu peserta. Lokasinya di Sail Morotai.

“Untuk Launching, semula kita rencanakan di Jakarta. Namun, untuk memperkenalkan Festival ini lebih dekat ke masyarakat Maluku Utara, launching kita lakukan di Landmark Ternate. Target kita adalah kunjungan wisatawan domestik hingga Mancanegara sebanyak banyaknya” ucap Nona Duwila.

Diterangkannya, puncak Event Festival Morotai 2019 akan mengangkat tema Land of Stories. Sebanyak 500 penari akan tampil. Tidak tanggung-tanggung, mereka akan mengkolaborasikan lima tarian sekaligus.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar, Esthy Reko Astuty, mengatakan atraksi yang satu ini sangat dijamin kualitasnya. Karena, melibatkan koreografer papan atas Indonesia, Eko ‘Pece’ Supriyanto.

“Siapa yang berani meragukan sentuhan Eko Supriyanto. Ia adalah koreografer yang kualitasnya mendunia. Eko termasuk orang di balik sukses opening Asian Games 2018. Ia juga memberikan sentuhan di puncak Festival Jailolo 2019. Jadi memang jaminan keren,” puji Esthy.

Sedangkan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani, mengatakan pesona yang dimiliki Morotai akan terangkat melalui event ini.

“Morotai adalah pulau yang indah. Pulau yang memiliki potensi bahari. Dan semua akan diangkat dalam Festival Morotai. Tidak hanya alam, kebudayaan lokal pun akan diperkenalkan. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Morotai dan mengeksplorasi alam serta budayanya,” papar Ricky.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengacungkan jempol atas kesiapan Festival Morotai 2019. Menurutnya, launching menjadi bukti kesiapan daerah.

“Festival Morotai sudah siap menyambut wisatawan. Hal ini terlihat dari launching yang digelar. Event ini bukan hanya menggerakkan sektor pariwisata, tetapi juga bisa berdampak bagus buat ekonomi Morotai. Sukses buat Festival Morotai 2019, semoga eventnya bisa terselenggara dengan baik dan memuaskan,” papar Menteri asal Banyuwangi ini.(***)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>