Kementan Ajak Petai Kukar Jaga Lahan dengan Asuransi

KUTAI KARTANEGARA – Tingginya curah hujan ditambah luapan air sungai menyebabkan ratusan hektar lahan perkebunan di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terendam banjir. Kementerian Pertanian mengimbau petani untuk menjaga lahan dengan asuransi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ada sejumlah kondisi yang menyebabkan pertanian bisa sangat terganggu.

“Salah satunya bencana alam, seperti banjir yang turut melanda pertanian di Kutai Kartanegara. Kondisi itu memang sulit dicegah, tapi petani bisa menghindari kerugian dengan mengasuransikan lahan pertanian,” terang Mentan SYL, Selasa (29/12/2020).

Hal senada disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy.

“Sektor pertanian cukup rentan terhadap sejumlah kondisi, bahkan bisa membuat gagal panen. Kondisi tersebut antara lain bencana alam, perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan atau banjir, juga serangan hama penyakit, dan lainya,” tuturnya.

Menurut Sarwo Edhy, dengan asuransi bencana-bencana tersebut tidak akan membuat petani terganggu.

“Sebab, jika terjadi gagal panen, petani masih bisa mendapatkan klaim dari asuransi. Sehingga petani tidak akan menemui kerugian. Bahkan, petani memiliki modal untuk kembali tanam. Dengan cara ini, produksi pertanian akan terus terjaga,” katanya.

Di Desa Santan Tengah, Kecamatan Marang Kayu, Kutai Kartanegara, ketinggian banjir di lahan perkebunan warga pun mencapai 1 meter lebih. Secara otomatis, perkebunan dipastikan bakal gagal panen.

Salah satu petani, Samsuddin mengatakan, banjir yang merendam daerah perkebunan selama dua hari sudah dipastikan tanamannya akan mati.

“Apalagi jagung umuran sebulan pasti bakalan mati,” ungkapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>