Gantikan Alex Noerdin, Maman Abdurrahman Jabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI

JAKARTA – Rotasi dilakukan Partai Golkar di Komisi VII DPR RI. Maman Abdurrahman ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Maman mengisi pos jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Alex Noerdin. Komisi VII DPR RI membidangi energi dan sumber daya mineral.

“Ada perubahan. Rolling penyegaran seperti biasa,” ungkap Sekretaris Fraksi Golkar DPR Adies Kadir.

Sejauh ini Partai Golkar hanya melalukan penyegaran untuk merotasi satu pimpinan komisi. Pergantian pimpinan komisi berikutnya akan diputuskan setelah reses berikutnya. Estimasinya sekitar Agustus mendatang. Adies menambahkan, Partai Golkar melakukan penyesuaian dengan komposisi mitra kerja pada komisi.

“Saat hanya ada satu penyegaran. Fokusnya memang ke sana. Tapi, segala sesuatunya dilihat setelah reses. Sebab selain rolling penyegaran, kami juga harus melakukan penyesuaian terhadap perubahan mitra kerja menurut komisi,” lanjut Adies lagi.

Aktivasi Man sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dimulai Senin (28/6). Ada beberapa tanggung jawab besar yang harus diemban Maman bersama jabatannya yang baru di Senayan. Sebut saja, tugas anggaran, pengawasan, dan legislasi. “Ada tugas-tugas pokok yang harus diselesaikan. Semua mengacu kepada tugas pokok dan fungsi DOR,” terang Maman.

Lebih lanjut lagi,an harus memastikan optimalisasi penggunaan anggaran di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kementerian Perindustrian. Maman juga harus melakukan pengawasan terhadap peningkatan investasi di sektor energi dan pertbangan. Ada juga tugas mendorong Rancangan Undang-Undang Minyak dan Gas dari RUU Energi Baru dan Terbarukan.

“Arahnya kepada Zero emission tanpa harus meninggalkan energi fosil. Kita saat ini memilki cadangan cukup signifikan, terutama batubara, gas, dan minyak,” terang Maman.

Semakin dekat dengan Maman, dia menjadi anggota DPR sejak 2018. Menggantikan posisi Zulfadhli melalui mekanisme pergantian antar waktu. Lalu pada 2019, dia maju dari daerah pemilihan Kalantan Barat I dan lolos ke.Senayan dengan perolehan 108.520 suara. Maman termasuk kader muda Partai Golkar. Kendati begitu, pria kelahiran Pontianak, 10 September 1980 ini kini menempati jabatan strategis di Partai sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu serta Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Barat.

Dari sisi pendidikan, Maman meraih gelar S1 Teknik Perminyakan, Universitas Trisakti. Sebelum menjadi politisi Partai Golkar, Maman pernah bekerja sebagai profesional di bidang perminyakan dan gas selama 9 tahun.(***)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>