Festival Wonderful Indonesia di PLBN Motamasin Ajak Pengunjung Bergembira

MALAKA – Keseruan Festival Wonderful Indonesia akhirnya menyapa Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Event ini digelar dua hari, 6-7 September. Event ini mampu menarik perhatian masyarakat Timor Leste yang melintas. Mereka tidak hanya mampir, tetapi juga ikut bergembira dan bergoyang.

Festival Wonderful Indonesia di PLBN Motamasin dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Malaka Silvester Leto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka Rofinus Bau. Sementara dari Kementerian Pariwisata diwakili Kasubbid Pemasaran Area IIA di Asdep Pemasaran I Regional III Sudaryana.

Keseruan di PLBN Motamasin sudah terjadi sejak pagi. Saat pengisi stand sedang bersiap, pengunjung mulai berdatangan. Sebagian ada warga Timor Leste yang sedang melintas. Sejumlah stand yang sudah berdiri rupanya membuat mereka tertarik.

Pembukaan Festival Wonderful Indonesia di PLBN Motamasin diwarnai dengan penampilan dua band lokal. Ada juga tarian dam fashion show.

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Malaka Silvester Leto kegiatan crossborder akan terus dilakukan.

“Kita sangat mendukung Festival Wonderful Indonesia. Karena tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan. Oleh karena itu, kegiatan ini berbentuk penjualan dan ada juga hiburan,” papar Silvester.

Lebih dari itu, Silvester juga berharap event seperti ini juga bisa terus digelar. Dan nantinya bisa mendatangkan wisatawan. Khususnya dari negara tetangga seperti Timor Leste, Australia, dan New Zealand.

“Oleh karena itu, kesempatan ini kita manfaatkan untuk mengangkat potensi lokal. Dari makanan, kerajinan tangan dan lain-lain. Harus banyak kegiatan di perbatasan. Hal ini juga untuk membantu pemenuhan target kunjungan wisatawan mancanegara ke perbatasan,” tambahnya.

Menurutnya, kehadiran wisman akan mempercepat pertumbuhan perekonomian warga perbatasan. Dan perputaran uang juga akan semakin sering.

“Malaka memiliki banyak objek wisata yang tidak kalah indah dengan daerah lain. Dan kita berharap destinasi yang kita miliki bisa diangkat untuk membantu pertumbuhan pariwisata Malaka,” paparnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan event ini sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo.

“Salah satu isi dari Nawacita Presiden Joko Widodo adalah membangun dari perbatasan. Semangat itu yang mendasari Festival Wonderful Indonesia. Kita coba angkat potensi di perbatasan. Harapan kita ada impactnya buat masyarakat secara ekonomi dan kunjungan wisman di crossborder juga meningkat,” harapnya.

Sedangkan Asdep Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani menambahkan, masih banyak keseruan yang akan disajikan di crossborder.

“Ada 12 kegiatan Festival Wonderful Indonesia di crossborder. 2 di PLBN Motamasin, 4 di PLBN Wini, dan 6 di PLBN Motaain. Kita berharap ada dampak positif. Bukan hanya untuk masyarakat perbatasan. Tetapi juga dengan masyarakat Timor Leste di perbatasan,” tambahnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan potensi perbatasan harus terus dimaksimalkan.

“Crossborder cukup menjadi andalan untuk mendatangkan banyak wisatawan mamcanegara. Kita punya daerah yang berbatasan dengan negara tetangga. Termasuk di PLBN Motamasin. Oleh karena itu, kita ingin perbatasan maksimal,” papar mantan Dirut PT Telkom itu.(***)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>