Enggak Asyik Mudik ke Kuningan Kalo Nggak Mengunjungi Destinasi Wisatanya

JAKARTA- Kuningan memiliki banyak destinasi alam yang bagus. Jika selama ini kita kerap mendengar Gunung Ciremai yang keren, ternyata ada juga lokasi lain yang tak kalah bagusnya.

Menteri Pariwasata Arief Yahya menyadari potensi pariwisata yang besar di Kuningan. Menurutnya, Kuningan sebagai bagian dari Jawa Barat kita mesti terus dorong agar bisa banyak datangkan wisatawan.

“Tentunya dalam #PesonaMudik2019 mesti ada kesiapan pemerintah daerah Kuningan untuk memberikan layanan yang baik,” ungkap Arief Yahya.

Dengan layanan dan informasi yang baik, tentu membuat banyak wisatawan bakal datang ke Kuningan. “Jangan lupakan untuk meningkat sumber daya manusia. Kita songsong industri pariwisata 4.0 untuk menyiapkan SDM pariwisata yang berorientasi kepada wisatawan milenial,” ujar Arief.

Ingin jelas destinasi wisata keren di Kuningan. Simak uraian 10 detinasi wisata unggulannya.

1.Paralayang/Paragliding Warujimun Citangtu

Mau main paralayang/paragliding di Kuningan? Bisa. Anda dapat pergi ke tempat wisata Paralayang Warungjimun, Desa Citangtu, Kuningan. Dari tempat dengan ketinggian 570 meter ini, Anda bisa terjun dari atas bukit memakai parasut. Cocok bagi yang gemar olahraga yang memacu adrenalin.

Bagi yang ingin sekadar foto-foto, tempat ini juga keren. Iya, dari atas bukit Anda dapat melihat pemandangan ciamik. Indah dan memukau. Wajar bila banyak pengunjung datang ke sini untuk ber-selfie ria. Terdapat jembatan bambu, khusus dibuat untuk wistawan yang gemar berpose dengan background bukit.

2. Taman Cisantana

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi warga Kuningan adalah Taman Cisantana. Lokasinya berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan. Taman ini dibuat untuk refreshing warga yang ingin menikmati udara segar dan pemandangan indah dari atas bukit.

Batu besar yang ada di Taman Cisantana menjadi salah satu yang kerap jadi background foto para pengunjung. Spot foto keren lainnya adalah area tanaman kaktus. Lantaran hal ini, Taman Cisantana semakin dikenal banyak orang. Cocok untuk membawa rombongan yang mau gembira bersama dan berfoto ria.

3.Curug Sidomba

Kuningan punya air terjun keren, namanya Curug Sidomba. Asyik buat liburan bersama keluarga sambil menikmati orkestra air yang jatuh dari curug ini. Lokasinya berada di kaki gunung Ciremai, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.

Bagi yang mau santai, Anda dapat istirahat di gazebo. Lalu, bisa berenang di kolam renang, outbound. karaoke, dan lainnya. Tersedia juga arena bermain anak dan camping ground.

4. Lembah Cilengkrang

Pohon-pohon besar siap sambut Anda ketika tiba di desatinasi wisata Lembah Cilengkrang. Hawa sejuk pengunungan bikin badan segar. Oksigen berlimpah.

Di Kawasan ini terdapat juga air terjun, Curug Sabuk. Tempat keren untuk pose dengan pemandangan air terjun dan batu alam yang memukau.

Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa berendam di kolam pemandian air hangat yang asoy untuk melepas penat. Lainnya, Anda bisa jelajah lembah ini untuk mendapatkan foto yang keren. Lantaran keindahannya, wajar bila banyak orang berkunjung ke tempat ini. Untuk menuju ke sana, Anda cukup cari informasi menuju Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.

5. Palutungan

Mau nikmati deretan pohon pinus yang tegak kokoh berdiri? Kunjungi saja Palutungan. Ya, inilah destinasi wisata di Kuningan, tepatnya di kaki Gunung Ceremai yang selalu ramai dikunjungi banyak orang. Di tempat ini terdapat perkemahan dan menjadi titik awal para pendaki yang ingin menuju puncak Ciremai.

Palutungan diambil dari lutung, sejenis kera yang dahulu banyak di tempat ini. Di tempat ini, selain menikmati pemdangan pohon pinus, juga terdapat curug yang asyik buat background foto. Lokasi, Palutungan berada di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

6. Telaga Biru (Situ Cicerem)

Telaga Biru atau Situ Cicerem memiliki air yang jernih dan memiliki pancaran warna biru. Danau di kaki gunung Ciremai ini terlihat menawan lantaran dikelilingi banyak tumbuhan. Sejuk. Selalu ramai dikunjungi banyak orang karena keindahnnya.

Danau yang berada di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan ini kerap dipakai pengunjung untuk berenang. Menariknya di tempat ini banyak terdapat ikan emas yang berenang bebas. Air bening dan ikan yang terlihat jelas membuat tempat ini menjadi ciamik ketika difoto.

7. Taman Nasional Gunung Ciremai

Senang dengan hawa sejuk alami? Datang saja ke Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berada di Kuningan. Ya, TNGC adalah hutan wisata yang dengan kontur tananh bergelombang. Beragam pohon ada di sini. Siap memberikan oksigen bersih buat pengunjung.

Di tempat ini terdapat 119 koleksi tumbuhan. Rinciannya terdiri dari 40 koleksi anggrek dan 79 koleksi non-anggrek. Di dalamnya termasuk koleksi tanaman hias seperti Kantong semar (Nepenthaceae) dan Dadap Jingga (Erythrina SP). Lokasi TNGC berada dalam wilayah administratif Kabupeten Kuningan dan Majalengka. Luasnya mencapai 15.500 hektar

8. Waduk Darma

Waduk dengan hamparan air sungguh mempesona. Itulah gambaran tentang destinasi wisata Waduk Darma di Kuningan. Pesona keindahnnya membuat tempat ini ramai dikunjungi banyak orang.

Tempat sejuk dan sekelilingnya ditempati beragam pohon, membuat tempat ini terlihat ciamik. Pas buat Anda yang ingin mengisi liburan mudik ini. Waduk dengan luas 45 hektar ini berada di Desa Darma, Kabupaten Kuningan.

9. Sukageuri View

Sukageuri View salah satu destinasi yang asyik buat dikunjungi. Ya, tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang. Awalnya tempat ini adalah sebuah area galian tambang batu. Lalu, masyarakat sekitar mengubahnya menjadi spot wisata keren.

Di tempat ini Anda bisa berselfie ria di rumah Hobbit dengan pemandangan alam yang indah. Indahnya matahari pagi dan tempat yang ciamik, membuat Sukageuri View layak dikunjungi. Duduk santai, sambal ngeteh atau ngopi tentu bakal asyik di tempat ini. Di mana lokasinya? Tempat ini berada di Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

10. Situ Walukut

Spot wisata keren ada banyak di Kuningan. Jika mau lihat danau seperti di Ranu Kumbolo, Jawa Barat juga ada. Namanya, Situ Walukut yang berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Danau ini berada jauh dari pemukiman penduduk. Hutan berbukit-bukit dengan barisan pohon pinus menjdikan tempat ini asri dan segar. Wajar bila pesona Situ Walukut menyedot banyak wisatawan datang ke tempat ini.(*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>