Disambut Gala Dinner, Bupati : Sail Nias 2019 Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Nias Selatan – Sikap ramah diperlihatkan Nias Selatan terhadap peserta Sail Nias 2019. Mereka dijamu dalam Gala Dinner, Jumat (13/9) malam. Lokasinya di Balai Pertemuan BKPN, Jalan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan. Selain makan malam, atraksi seni budaya juga ditampilkan.

Menurut Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Sail Nias 2019 merupakan penyelenggaraan program Sail Indonesia ke-11.

“Sejak digelar pertama kali tahun 2009, pemerintah menilai banyak manfaat yang dirasakan dari event ini. Terutama dalam peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi. Dan sebagai apresiasi kepada pihak terkait, kita jamu mereka dalam Gala Dinner. Dalam kegiatan ini kita memperlihatkan keramahan ala Nias. Ini benar-benar membangkitkan ekonomi rakyat kami,” papar Bupati.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, kegiatan ini bukan sebatas event tahunan. Tetapi harus ada goal yang didapat setelah kegiatan berlangsung. Salah satunya dampak ekonomi bagi daerah penyelenggara.

“Dengan adanya Sail Nias 2019, berbagai infrastruktur pariwisata dan pendukungnya di Kabupaten Nias dibangun. Dampak panjangnya tentu dapat meningkatkan sektor pariwisata, perekonomian, dan budaya,” ujarnya, Jumat (13/9).

Rizki menjelaskan, Program Sail Indonesia tidak hanya melibatkan satu atau dua institusi. Tetapi ada beberapa kementerian atau lembaga dari semua sektor terkait. Untuk Sail Nias sendiri, pemerintah juga fokus dalam pembangunan infrastruktur guna mendorong sektor lainnya.

“Kita semua berharap Sail Nias 2019 dapat meningkatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat. Terlebih, ada banyak kegiatan yang ditampilkan, sehingga potensi-potensi nias terangkat ke permukaan,” ungkapnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menjelaskan, beberapa rangkaian Sail Nias sudah dilaksanakan di Kepulauan Nias sejak 3 September lalu. Puncaknya tanggal 14 September, akan digelar di Nias Selatan. Tepatnya di Pelabuhan Baru Teluk Dalam.

“Sail Nias adalah momen yang tepat untuk mengembangkan sektor pariwisata, agar dapat menjadi destinasi kelas dunia. Karena itu, pemerintah daerah dan masyarakat setempat harus bisa memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya,” kata Dessy.

Tidak hanya itu, Sail Nias 2019 juga bisa berdampak baik pada perkembangan daerah. Yaitu memberikan daya tarik bagi para investor agar Kepulauan Nias dan Nias Selatan bisa bergerak maju di berbagai bidang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Sail Nias merupakan event stategis bagi Kepulauan Nias. Kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Kepulauan Nias harus bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Dengan adanya Sail Nias 2019, kita yakin tingkat kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat, seiring dengan merapatnya kapal-kapal layar ke Nias Selatan. Pelaksanaan Nias Pro Internasional Surfing yang sukses digelar di Pantai Sorake, juga menjadi atraksi menarik yang gaungnya meluas hingga mancanegara,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>