Tak Hanya Raja Ampat, Ini 7 Objek Wisata Menarik yang Ada di Papua.

Tak Hanya Raja Ampat, Ini 7 Objek Wisata Menarik yang Ada di Papua.

Tak hanya Raja Ampat, ada banyak sekali objek menarik yang ada di Papua.

1. Lembah Baliem

Tempat ini sangat mudah dijangkau ketika kamu berkunjung ke Papua, jaraknya sekitar 27 kilometer dari Wamena. Di Lembah Baliem, kamu bisa berinteraksi dengan suku asli, yakni Dani, Yali, dan Lani.

Lembah Baliem akan menjadi tempat terbaik untukmu menikmati adat, budaya, dan keindahan alamnya. Salah satu daya tarik andalannya adalah Festival Baliem, perang antar suku sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan.

2. Gunung Carstensz

Gunung tertinggi di Indonesia ini akan memberikanmu jalur pendakian yang sangat menantang. Meskipun terbilang sangat mahal, nyatanya sudah banyak yang berhasil mendaki puncak tertingginya.

Gunung Carstensz memiliki puncak pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati medan bersalju yang cukup ekstrem. Biaya perjalanannya sekitar Rp 25 juta per orang.

3. Danau Sentani

Tak kalah indah dengan Danau Toba, lokasinya berada 50 kilometer dari Jayapura. Danau Sentani merupakan danau terluas dan terbesar di Papua sekitar 9.000 hektare.

Danau Sentani dikelilingi panorama pegunungan Cyclops yang menjadi habitat sekitar 30 spesies ikan air tawar. Selain itu, di sekitar danau terdapat 24 desa yang dihuni penduduk dan suku lokal.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Datanglah ke Teluk Cendrawasih jika kamu ingin berenang bersama hiu paus. Tempat ini memiliki 200 terumbu karang, 196 moluska, 209 jenis ikan, 5 jenis reptil, 37 jenis burung, dan 183 fauna darat.

Lokasi Taman Nasional Teluk Cedrawasih berada di di dua kabupaten, yakni Wondama dan Nabire. Teluk Cendrawasih juga merupakan kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia.

5. Air Terjun Wafsarak

Sebagai pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia, Papua memiliki air terjun yang menarik. Lokasinya terletak di Kampung Warsa, sekitar 2,5 jam dari Biak.

Air Terjun Wafsarak terlihat sangat alami dan asri, karena lokasinya berada di tengah hutan. Air terjun setinggi 10 meter ini juga memiliki telaga kecil di dekatnya dengan air yang sangat dingin.

6. Museum Loka Budaya

Terdapat sebuah museum menarik di Papua yang terletak di Jalan Abepura, Universitas Cendrawasih. Ada sekitar 1.500 benda bersejarah tersimpan di Museum Loka Budaya.

Benda yang menjadi daya tarik Museum Loka Budaya adalah Totem berusia sekitar 300 tahun. Selain itu, terdapat pula patung nikumari yang berusia sekitar 200 tahun dan dianggap sakral.

7. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik menyajikan pemandangan indah dengan air lautnya yang sangat jernih. Lokasi pantai ini sekitar 15 kilometer dari Biak Timur.

Pantai berpasir putih ini juga memiliki alam bawah laut yang memesona untuk snorkeling. Pantai tenang yang sangat asyik untuk piknik, bermain bola, dan sebagainya.

Tempat wisata di atas gak kalah indah dengan Raja Ampat, kan? Semoga ke depannya destinasi wisata ke Papua bisa lebih terjangkau lagi ya (idntimes)

Articles

Find More  

Perkuat Potensi dan SDM Desa Wisata, Kemenparekraf Libatkan 110 Perguruan Tinggi

JAKARTA – Nilai tawar dan potensi besar desa wisata terus diperkuat Kemenparekraf. Menyasar aspek Sumber Daya Manusia (SDM), ada 110 Perguruan Tinggi dipilih dan dilibatkan sebagai pendampingnya. Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pengembangan Desa Wisata tersebut dilakukan Kamis (27/2) siang. Lokasinya berada di Ballroom 3, Hotel Sultan, Jakarta. “Potensi Desa Wisata sangat besar. Daya tawarnya tinggi karena diminati oleh …

Continue reading  

Punya Destinasi Baru, Batam Night Market Segera Hadir

Batam – Kota Batam akan memiliki destinasi wisata baru. Namanya Batam Night Market. Destinasi ini berada di Harbourbay, Batu Ampar. Batam Night Market rencananya hadir Bulan April dengan mengusung konsep sebagai lokasi kuliner. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik hadirnya Batam Night Market. Menurutnya, Batam sebagai kota pariwisata memiliki wisata yang lengkap. Ada wisata belanja, …

Continue reading  

Baru Terserap 21,3%, Kementan Jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Tetap Aman Sepanjang 2020

TEMANGGUNG – Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Ditjen PSP Kementan) menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi. Sebab, realisasi serapan pupuk bersubsidi saat ini baru 21,3% pada skala nasional. Beberapa skenario tetap disiapkan Ditjen PSP Kementan seandainya pupuk bersubsidi cukup langka dijumpai petani di lapangan. Jaminan ketersediaan pupuk bersubsidi ini diberikan Ditjen PSP Kementan dalam kunjungan kerja di Temanggung, Jumat …

Continue reading