Bangkitkan Pariwisata Usai Pandemi, Cianjur Susun Calender of Event

CIANJUR – Bagi Anda yang ingin berlibur, tak ada salahnya jika memilih Cianjur sebagai tujuan wisata. Kabupaten yang terletak di Jawa Barat ini memiliki destinasi wisata lengkap mulai gunung, rimba, laut hingga pantai. Boleh dibilang Cianjur merupakan paket lengkap destinasi wisata.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yani Yuliawati menjelaskan, untuk destinasi wisata, ia menyebutnya Gurilap. “Ada gunung, rimba, laut dan pantai atau Gurilap. Itu semua ada di Cianjur,” papar Yani saat berbincang dengan sejumlah wartawan, Senin (9/8/2021).

Untuk gunung, Yani menyebut Gunung Pangrango. Banyak pula hutan rimba yang menjadi obyek wisata di Cianjur, terutama di kawasan selatan. “Untuk laut sekitar 4 jam ke selatan. Bahkan bisa tembus juga ke Rancabuaya, Pameungpeuk Garut,” jelas dia. Ada banyak potensi lainnya. Salah satunya juga pantai dan curug yang banyak tersebar di sekitar Cianjur.

Dikatakan Yani, sejauh ini banyak dari obyek wisata di Cianjur yang dikelola oleh desa, ada pula yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). “Kalau untuk destinasi yang dikelola oleh pemda ada lima, ada Gunung Padang, Kampung Budaya Pandan Wangi, Wisata Bahari Jangari, kawasan pendukung Kebun Raya Cibodas dan Wisata Religi Cikundul,” jelas Yani.

Perempuan berparas cantik ini melanjutkan, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, semua destinasi wisata di Cianjur terpaksa ditutup mengikuti anjuran pemerintah pusat yang memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). “Saat PPKM ini semua obyek wisata, termasuk yang dikelola oleh pemerintah daerah ditutup sementara dari kunjungan,” papar dia.

Dikatakan Yani, pandemi Covid-19 mengubah target kunjungan ke Cianjur. Dari target 4 juta wisatawan harus terkoreksi karena pandemi. “Kami mengoreksi target kunjungan wisatawan ke Cianjur. Target awal kami 4 juta wisatawan, tapi pandemi ini membuat kami menyusun target ulang,” ujarnya.

Kendati begitu, Yani mengaku Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga tak patah semangat. Sejumlah rencana event tengah disusun untuk menggaet wisatawan. Ada beberapa event unggulan yang dipersiapkan jika situasi memungkinkan. Salah satu unggulannya adalah Cianjur Festival.

“Harapan ke depan untuk pariwisata Kabupaten Cianjur sesuai yang sudah direncanakan pada perencanaan di tahun 2022. Kami ada beberapa event nanti dan sekarang sedang penggodokan untuk penyusunan calender of event. Yang unggulan tetap Cianjur Festival. Yang lainnya itu pendukung yang melibatkan destinasi-destinasi lokal di sini,” tutur Yani.

Yani mengaku siap memberikan support kepada destinasi wisata yang tengah berjuang bangkit melawan pandemi Covid-19. Salah satu syaratnya adalah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. “Kami memberi dukungan penuh kepada destinasi di Cianjur untuk bangkit kembali. Tentu harus mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Semoga pandemi segera berakhir dan pariwisata Cianjur dapat segera bangkit,” katanya.(***)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>