10 Tempat Wisata di Ciamis yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik

CIAMIS – Destinasi wisata Ciamis sangatlah beragam, bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Bahkan lebih banyak daripada kota-kota di Jawa Barat lainnya jika tidak terjadi pemekaran daerah. Meski demikian, destinasi wisata di Ciamis tak hilang begitu saja.

Nyatanya masih banyak potensi wisata Ciamis yang siap memanjakan wisatawan. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, hingga wisata religi. Semua siap menemani #PesonaMudik2019 dengan segala keindahan yang dimiliki Ciamis.

“Membicarakan potensi pariwisata Ciamis sepertinya tidak ada habisnya. Ciamis selalu saja menyenangkan untuk di eksplore. #PesonaMudik2019 Ciamis dijamin akan memanjakan wisatawan yang mudik atau melewati Ciamis,” kata Menpar Arief Yahya, Minggu (12/5).

Lantas tempat wisata Ciamis mana sajakah yang disuguhkan Ciamis? Berikut 10 destinasi Ciamis untuk referensi wisata Anda :

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Situ ini memiliki luas sekitar 57,95 hektar dengan pulau di tengahnya seluas sekitar 9,25 hektar, yang bernama pulau Nusa Gede. Di Pulau Nusa Gede terdapat hutan lindung beserta banyak terdapat peninggalan purbakala.

Konon, Nusa Gede awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu pada zaman dahulu kala, selain juga berfungsi sebagai benteng pertahanan.

Di pulau tersebut juga terdapat sebuah makam penyebar agama Islam yang bernama Mbah Panjalu. Didalam hutan terdapat 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis tumbuh rindang yang menjadikannya sejuk dan membuat pengunjung nyaman bersantai di pulau tersebut.

Curug Tujuh Cibolang

Selain Situ Lengkong, Kecematan Panjalu juga memiliki satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan perlu di kunungi, yaitu adalah Curug Tujuh. Seperti namanya, destinasi ini merupakan curug (air terjun) yang berunduk – unduk sampai 7 tingkat. Tiap tingkat di berinama yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug ini berada pada ketinggian 800-900 Mdpl. dengan tekstur tanah berbukit dengan suhu udara secara umum berada pada 17-18 derajat Celcius sehingga memberikan suhu yang sejuk. Untuk menikmati keindahan panorama ketujuh curug tersebut pengunjung harus naik mengitari bukit dengan melalui jalanan setapak yang dikelilingi oleh hutan pinus Perum Perhutani.

Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan merupakan sebuah tempat rekreasi liburan keluarga yang cukup populer di Ciamis, Wisata ini berkonsep lembah yang dibangun dan ditata sangat apik sehingga menghasilkan pemandangan yang memanjakan mata pengunjung. Obyek wisata ini terhitung besar. Konon luas mencapai 35 ha, meski saat ini yang sudah dibangun baru sekitar 15 ha.

Lokasi Mega Wisata Icakan berada di kaki Gunung Syawal yang memiliki udara pegunungan yang sejuk dan kontur tanah yang berbukit-bukit sehingga pengunjung juga tidak akan bosan menikmati pemandangan sekeliling. Selain itu, Dan tentu daya tarik utamanya adalah berbagai wahana hiburan yang dimiliki. Cukup banyak wahana yang akan memanjakan pengunjung.

Green Canyon

Green Canyon Ciamis terletak di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang – Ciamis objek wisata ini menawarkan keindahan maha karya alam selama ratusan tahun. Posisinya kurang lebih 130 km dari pusat kota Ciamis dan sekitar 31 km dari Pangandaran. Tak jauh dari lokasi, terdapat pantai Batukaras dan Lapangan Terbang Nusawiru.

Green Canyon sendiri terbentuk dari aliran sungai Cijulang yang melintasi gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit. Aliran sungai ini pun juga melewati dua bukit dengan pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang indah.

Air di sepanjang sungai Cijulang hingga ke Green Canyon ini berwarna kehijauan. Warna hijau ini berasal dari plankton atau organisme renik sejenis alga yang hidup di air sungai yang masih alami ini. Di musim hujan, air akan terlihat hijau agak kecokelatan. Keindahan pantulan cahaya matahari yang kehijauan memendar di dinding batu alam dan sela-sela kerimbunan tumbuhan hutan menyejukkan mata kita saat melintas di sepanjang sisi sungai.

Wisata Sungai Citumang

Obyek wisata alam sungai Citumang merupakan wisata alam yang memiliki daya tarik khusus, yaitu adanya sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan memiliki airn yang bening hijau kebiruan. Tepian sungai tersebut terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alami dan juga dialiri aliran sungai yang menembus ke dalam goa sehingga membuatnya semakin eksotis.

Keheningan alam akan pengunjung jumpa. Kicauan burung serta alunan alami berupa gemercik air sungai, bisikan semerumput angin yang berhembus sepoi yang menyelinap di antara pepohonan memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung. Obyek wisata ini kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari pusat kota Ciamis sekitar 95 km.

Arung Jeram Sungai Citanduy

Arung Jeram Sungai Citanduy memiliki aliran sungai dengan trek hingga panjang 15 kilometer. Sehingga wisatawan pecinta kegiatan ekstrim ini akan puas menghabiskan seharian di air. Kondisi Sungai Citanduy sangat lebar, saat tubing wisatawan bisa memilih-milih jalur untuk dilalui, tidak akan kandas di batu dan akan tetap melaju. Sepanjang jalur tubing, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah tebing-tebing batu curam dan hutan.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba berpetualang tubing menyusuri Sungai Citanduy, bisa datang ke Turis Information Center (TIC) Dinas Pariwisata yang letaknya di komplek Islamic Center Ciamis untuk mendaftar. Dengan syarat, minimal satu kelompok 5-10 orang.

Desa Wisata Jelat

Desa Wisata Jelat adalah tempat wisata di Ciamis Bandung dengan penduduk yang sangat ramah dan siap membantu pengunjung yang datang. Karena itulah pengunjung merasa nyaman dengan keramahan dari penduduk Desa Jelat. Bercocok tanam, berkebun serta budidaya di kolam ikan merupakan pekerjaan utama penduduk di Desa Jelat.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau khas pedesaan yang baik untuk melepas rasa lelah dan memberikan para paengunjung kesempatan untuk melihat suasana kehidupan pedesaan.

Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas berada di Jl. Batu Karas Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis. Sudah tak asing lagi bukan jika berada di Jawa Barat pasti langsung menuju ke Tempat Wisata Pantai Pangandaran karena menjadi tujuan utama ketika di sini.

Pantai di Ciamis memang disebut-sebut Balinya Jawa Barat karena menawarkan ombak memikat bagi peselancar. Sehingga tak asing lagi banyak ditemui wisatawan mancanegara selama di sini. Ada sebuah teluk kecil yang akan mempermudah peselancar menuju spot gelombang terbaik tanpa mendayungnya.

Di sekitar sini juga sudah tersedia penyewaan untuk menyewa perlengkapan berselancar lengkap dengan seorang instruktur handal. Beberapa spot terbaik untuk menyelam dapat Anda coba semua mulai dari Bulak Pendak, Legok Pari, dan karang.

Jembatan Sasak Cirahong

Jembatan Sasak Cirahong adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Jembatan Sasak Cirahong di Ciamis Jawa Barat ini membentang sepanjang 202 meter. Jembatan Cirahong yang merupakan peninggalan Penjajah Belanda menyimpan pesona alam yang indah. Tak sedikit wisatawan datang untuk menikmati pemandangannya. Atau sekadar duduk-duduk di warung-warung kecil di pinggiran mulut jembatan. Jembatan yang memhubungkan Tasik dan Ciamis tersebut memiliki panorama yang indah dan unsur sejarah yang bisa ditelusuri lebih dalam sebagai peninggalan leluhur.

Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Pangandaran, kira – kira jaraknya hanya 14 kilo meter.

Di Pantai Batu Hiu pengunjung bisa dapat melihat laut lepas Samudera Indonesia yang membentang sejauh mata memandang. Pantai yang penamaannya didasarkan pada keberadaan sebuah batu yang terlihat di kawasan ini. Yang bentuknya terbilang cukup unik karena menyerupai sirip ikan hiu.

Saat anda berkunjung ke Pantai Batu Hiu, anda bisa mendaki ke atas bukit untuk melihat keindahan yang lain. Dari atas bukit sana terlihat jelas batu yang menyerupai sirip ikan hiu itu. Kemudian anda bisa merasakan keindahan bentangan Samudera Indonesa yang sangat luas dan kesejukan semilir angin laut lepas.

Uniknya, saat pengunjung akan naik ke atas bukit maka akan melewati gerbang yang berupa terowongan kecil yang berbentuk ikan hiu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>